Goa Braholo Gunung Kidul

Sebagai satu diantara lokasi Geopark dengan luasan daerah Karst yang mencakup 3 kabupaten dalam 2 provinsi yakni Gunung Kidul (Yogyakarta), Wonogiri serta Pacitan (Jawa Tengah) jadi di daerah ini bakal diteui sangat banyak bentang alam yang mengagumkan.

Goa Braholo Gunung Kidul

Sedikit mengulik mengenai histori pembentukan daerah karst atau daerah kapur. Pada awal pembentukan daerah ini adalah daerah yang ada dibawah permukaan laut serta lalu nampak ke permukaan (pengangkatan) lantaran tekanan dari patahan benua. Walaupun daerah ini kerap dijuluki daerah yang kurang subur yang tiap-tiap musim kemarau berlangsung kekeringan, tetapi lokasi karst ini memiliki eksotisme dan bentukan-bentukan alam yang begitu mengagumkan.

Satu diantara bukti bentuk bentangan alam yang mengagumkan yaitu goa Braholo (berhala. red) yang ada di desa Semugih, Rongkop, Gunung Kidul. Memanglah goa Braholo tak sedalam goa-goa serta dihiasi batuan stalagmit serta stalagtit. Tetapi, goa Braholo ini memiliki kekhasan sendiri yakni menaruh kerangka manusia purba yang diprediksikan berusia sekitaran 10. 000 SM dengan perkiraan kalau kerangka itu yaitu ras Astronesia atau ras yang bermigrasi dari benua Afrika ke Asia seperti ras-ras yang ada di timur Indonesia seperti Irian Jaya serta beberapa Maluku. Sayangnya belum ada riset lebih mendalam lagi mengenai tempat inis ehingga sumber-sumber cuma terbatas pada bukti kerangka serta tempat kerangka itu di ketemukan yakni di goa.

Goa dengan bentu asli adalah type robohan di tepian bukit hingga cuma membuat seperti cerukan ini diketemukan sebagian kerangka manusia purba yang menempati di goa itu.

Bila anda tertarik serta penasaran dengan goa ini, akses yang anda tempuh cukup gampang lantaran tak jauh dari jalan raya Wonosari-Wonogiri, di sana telah ada papan nama tentang goa itu serta goa ini dapat terdapat tak jauh dari goa Bribin yang populer dengan sungai bawah tanahnya.

Tetapi, janganlah berharap goa ini di penuhi wisatawan lantaran karkteristik goa yang cukup sempiut serta tak dalam. Anda cuma bakal disajikan cerukan dan sebagian lubang hasil dari penggalian kerangka purba yang saat ini disimpan di Balai Purbakala Yogyakarta. Tetapi, sekurang-kurangnya di sini anda bakal belajar tentang histori terutama arkeologi serta migrasi manusia purba. Atau anda dapat juga memikirkan kalau seperti apa Gunung Kidul pada saat purba dulu, tertarik? Silakan explore serta jelajahi goa Braholo ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s